Cara Membuat Tempe Mudah Praktis

Advertisement

Cara Membuat Tempe – Tempe adalah salah satu bahan makanan  tradisional asli milik Indonesia. Tempe juga merupakan bahan makanan yang sehat yang mengadung banyak protein yang baik bagi tubuh karena terbuat dari kedelai murni.

Tempe juga merupakan makan yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Tempe merupakan salah satu jenis olahan kedelai yang telah diberi bakteri baik. Cara Membuat Tempe tergolong mudah. Bahan yang digunakan untuk membuat Tempe juga cukup murah.

Bahan utama dari Cara Membuat Tempe adalah Kedelai yang sudah di bersihkan. Tempe juga merupakan bahan dasar makanan yang bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Seperti Tempe mendoan, Tempe goreng, Tempe penyet, Tempe kripik, sayur Tempe dan masih banyak lagi.

Advertisement

Namun sayang, ternyata Tempe juga dipatenkan sebagai bahan makanan milik Cina dengan sebutan Neto. Bahan Membuat Tempe yaitu kedelai seharusnya sangat mudah di dapat di Indonesia, tetapi pada saat beberapa tahun yang lalu Indonesia mengalami krisis kedelai sehingga mengakibatkan harga Tempe mahal dan susah dicari. Indonesia terpaksa harus import kedelai dari negara lain, hal ini menimbulkan berbagai masalah baru di dalam sistem perekonomian Indonesia, karena Tempe adalah salah satu makanan yang sering dijadikan makanan sehari-hari warga Indonesia.

Kurangnya rasa memiliki yang benar-benar diwujudkan dalam sebuah bukti yang akurat, serta kurangnya perhatian khusus dalam segala aspek kekayaan negara, sehingga membuat negara lain berkesempatan untuk memilikinya pula. Marilah mulai sekarang, kita sebagai warga yang baik untuk saling menjaga apa yang kita punya di negara kita ini.

Kali ini kami dari saturesep.com akan memberikan informasi kepada Bunda mengenai Cara Membuat Tempe yang mudah. Karena jika membuat Tempe sendiri di rumah itu akan jauh lebih sehat karena kita tau sendiri seperti apa kebersihannya serta kandungan bahannya.

Cara Membuat Tempe juga sangat mudah Bunda, Bunda bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Simak secara detail langkah-langkah Cara Membuat Tempe dengan mudah dan benar di bawah ini, lengkap dengan tips-tips seputar Membuat Tempe, berikut resepnya.

Cara Membuat Tempe

Cara Membuat Tempe

Alat dan Bahan yang perlu disiapkan Cara Membuat Tempe:

  1. Baskom berukuran sedang yang digunakan untukk wadah
  2. Saringan yang berukuran sedang
  3. Dandang besar digunakan untuk mengukus kedelai
  4. Kipas Angin /Kipas jika tidak ada
  5. Sotel kayu digunakan untuk mengaduk
  6. Tampah yang besar untuk  mendinginkan kedelai
  7. Kompor untuk memasak
  8. Peralatan lain yang diperlukan dalam Cara Membuat Tempe
  9. Kacang kedelai putih sebagai bahan utama
  10. Ragi tempe atau biakan murni Rhizopus sp
  11. Kantong plastik, atau daun pisang, atau daun jati untuk membungkus

Cara Membuat Tempe:

  1. Cucilah alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan seperti tampah, ayakan, kipas dan cukil  kemudian dikeringkan.
  2. Bersihkan kacang kedelai putih dari bahan-bahan lain yang tercampur, kemudian cuci hingga bersih.
  3. Rendam kacang kedelai yang telah dicuci bersih selama 12-18 jam dengan air dingin biasa (proses hidrasi agar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin ). ini sangat berpengaruah terhadap Cara Membuat Tempe
  4. Lepaskan kulit biji kedelai yang telah lunak, kemudian cuci atau bilas dengan menggunakan air bersih agar tempe yang dihasilkan benar-benar bersih.
  5. Kukus / rebus biji kedelai putih  yang sudah di bersihkan tadi sampai empuk.
  6. Setelah biji kedelai putih terasa empuk, tuangkan biji-biji tersebut pada tampah yang telah dibersihkan, lalu setelah itu diangin-angin dengan kipas/ kipas angin sambil diaduk-aduk hingga biji-biji tersebut terasa hangat.
  7. Taburkan ragi tempe (RAPRIMA) yang telah disiapkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya merata (1,5 gram ragi tempe untuk 2 kg kedelai).
  8. Siapkan kantong plastik atau daun pisang, atau daun jati untuk pembungkus. Bila kantong plastik yang digunakan sebagai pembungkus, berilah lubang-lubang kecil pada kantong tersebut dengan menggunakan lidi atau garpu. agar mendapatkan udara
  9. Masukan kedelai yang telah diberi ragi tempe (RAPRIMA) ke dalam pembungkusnya, atur ketebalannya sesuai dengan selera
  10. Proses fermentasi kacang kedelai ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari atau hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi jamur.

Tips Penting Cara Membuat Tempe :

  1. Wajib memperhatikan kebersihan tempat atau dapur yang digunakan untuk Membuat Tempe dan kebersihan peralatan yang digunakan untuk Membuat Tempe, serta pemilihan kualitas bahan yang digunakan, hal ini akan meningkatkan kualitas tempe yang dihasilkan jadi semakin bersih kedelainya maka semakin baik rasanya.
  2. Carilah suhu ruang yang lebih hangat karena dapat mempercepat proses fermentasi jamur pada Tempe.

Selain Cara Membuat Tempe ini sangat mudah dan dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan serta sehat dan baik dikonsumsi, Tempe yang anda buat dengan sempurna juga bisa dijadikan sebagai bisnis makanan, sehingga apa yang anda buat akan bermanfaat bagi semuanya. Apa lagi dijaman modern ini, penjual Tempe tradisional mulai menurun karena banyak masyarakat yang lebih memilih bahan instan. Hal ini menjadi tantangan bagi para pedagang Tempe, alangkah baiknya perbaiki sistem pemasarannya dan kemas Tempe dengan sangat higienis dan menarik tanpa meninggalkan bentuk keasliannya. Misalnya kemas Tempe dengan daun pisang, tempel label pemasaran kemudian bungkus rapat dengan plastik khusus, hal ini akan meningkatkan harga jual dan dapat meningkatkan daya tarik pembeli juga.

Demikian Resep dan Cara Membuat Tempe lengkap dengan tips Membuat Tempe yang baik dan benar. Tempe yang bisa diolah menjadi berbagai lauk yang sehat dan lezat baik bagi dewasa muda atau bahkan anak-anak. Jangan lupa simak juga ulasan tentang Resep Kimci Spesial Korea di saturesep.com yang sedang menjadi trending topic para penggemar drama Korea di Indonesia.

Saran kesehatan dari kami yaitu, konsumsilah makanan yang bergizi secara seimbang agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Jika anda bosan dengan olahan makanan yang monoton, maka perbanyaklah cari referensi kreasi masakan sehingga akan menemukan sesuatu resep baru yang belum pernah anda coba. Tentunya carilah resep masakan yang baik untuk tubuh serta sesuaikan dengan selera anda.

Apabila anda punya sikecil dirumah yang susah makan sayur dan buah, itu artinya anda sebagai ibu harus mau berkorban untuk berusaha membuat sesuatu yang dapat memancing perhatian anak terhadap makanan yang harus dia makan. Salah satu caranya, berkreasilah di dapur kesayangan anda, jika memungkinkan ajaklah si kecil untuk bereksplorasi juga di dapur. Kami akan membantu anda para bunda dan semuanya untuk berkreasi di dapur dengan berbagai resep-resep masakan yang enak, sehat dan kekinian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Advertisement

Leave a Reply