Resep Kimchi Spesial Korea

Advertisement

Resep Kimchi – Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabe merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae  yang berarti sayuran yang direndam. Jika dicermati Kimchi cara pembuatannya sedikit unik karena makanan Kimchi seperti makanan fermentasi namun memiliki kandungan gizi yang tetap terjaga sehingga aman dan baik dikonsumsi.

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan/ lauk yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup Kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng Kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Advertisement

Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi yang dibuat dari sawi putih atau baechu dan lobak atau mu, dicampur bawang putih atau maneul, cabe merah atau ppalgangochu, daun bawang atau pa, cumi-cumi atau ojingeo, tiram atau gul atau makanan laut lain, jahe atau saenggang, garam atau sogeum, dan gula  atau seoltang.

Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori. Sebagian besar Kimchi dibuat dari sayuran seperti lobak, bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan. Kimchi kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Pada tahun 2000, strain bakteri asam laktat (strain MT-1077T) penghasil bekteriosin yang diisolasi dari kimchi diberi nama Lactobacillus Kimchi.

Bakteri Lactobacillus yang berperan dalam proses fermentasi Kimchi menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi daripada yogurt. Untuk itulah jika kita menyantap makanan yang satu ini, sudah pasti mendapatkan banyak manfaat. Dan kita tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk menyantap makanan fenomenal ini.

Karena kita bisa membuatnya sendiri di rumah, dan resep yang akan kami sajikan di saturesep.com ini adalah resep basic atau dasar dari kimchi yang paling mudah serta penggunaan bahan yang banyak tersedia di pasaran, Berikut Resep Kimchi beserta langkah pembuatannya:

Resep Kimchi Spesial Korea

Resep Kimchi Spesial Korea

Bahan Resep Kimchi :

  1. 1 buah sawi putih ukuran besar.
  2. 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
  3. 4 helai daun bawang, iris tipis memanjang.
  4. 4 siung bawang putih, haluskan.
  5. 1 ruas jari jahe, parut.
  6. 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
  7. 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
  8. 1 sdm gula.
  9. 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar/garam krosak)
  10. Air secukupnya.
  11. 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Membuat Resep Kimchi :

  1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.
  2. Campur 1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.
  3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.
  4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.
  5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.
  6. Kimchi siap disantap.. ^_^

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.

Jika kita memasak sendiri, maka campuran sayuran serta tingkat kepedasan juga bisa disesuaikan selera. Misal anda ingin menambahkan wortel, sawi atau pokcoy. Dan yang terpenting adalah jika anda membuat dalam jumlah banyak maka jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari es, karena hasil fermentasi kimchi akan sempurna jika ditaruh di dalam toples kaca.

Demikian Cara Membuat dan Resep Kimchi Spesial Korea. Kimchi menjadi cemilan dan lauk yang banyak digemari di korea, sehingga tidak heran jika para penggemar film drama Korea sudah tau apa itu Kimchi. Jangan lupa simak juga ulasan tentang Resep Tteokbokki Lezat Ala Korea di saturesep.com, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Advertisement

Leave a Reply